Bahaya Diet Saat Hamil

Bahaya Diet Saat Hamil


Kesehatan Ibu Hamil harus senantiasa terjaga, karena hal ini berhubungan erat dengan kondisi kesehatan dan pertumbuhan janin. Selama sembilan bulan di dalam kandungan, Janin hanya mengandalkan gizi yang dikonsumsi oleh ibu, sehingga pada saat hamil wanita harus memperhatikan apa saja yang dikonsumsinya. Dan apabila Ibu Hamil membatasi konsumsi makanan (Diet), maka sangat mungkin dapat membahayakan kesehatannya dan janin dari awal usia kehamilan sampai menjelang persalinan.



Bahaya Diet yang dilakukan ibu hamil, salah satunya adalah berat badan bayi rendah setelah dilahirkan. Hal ini dikarenakan pada saat ibu hamil membatasi jumlah makanan, maka dapat menyebabkan nutrisi yang dibutuhkan janin akan berkurang. Apabila saat bayi mempunyai berat badan yang rendah, maka juga dapat meningkatkan risiko jaringan terbelakang atau masalah kesehatan serius lain pada anak.

Bahaya Diet yang dilakukan ibu hamil yang lain adalah, terjadinya persalinan prematur. Apabila bayi dilahirkan prematur, maka berisiko tinggi terjadinya gangguan pada perkembangan paru-paru, infeksi, pendarahan di otak, sakit kuning, sistem pencernaan yang kurang baik, memicu kebutaan pada janin.


Membatasi jumlah makanan akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Sebagai contoh, saat hamil tentu wanita membutuhkan peningkatan kebutuhan sel-sel darah merah yang baik bagi ibu hamil dan janin. Membatasi jumlah makanan saat hamil juga dapat menyebabkan berbagai gangguan bagi ibu hamil seperti pusing, sakit kepala, lemah, mual, dan bahkan ibu hamil mengalami tidak sadarkan diri.

Puasa saat hamil memang boleh dilakukan, namun tentu harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Konsultasikan dahulu dengan dokter yang menangani kehamilan anda. Apabila kehamilan anda berisiko maka sebaiknya jangan berpuasa.
Diusahakan untuk makan pada saat sahur dan buka yang beragam, dan memperhatikan kandungan gizi dan mineral yang anda makan saat sahur dan buka apakah sudah cukup
Istirahat yang cukup dengan mengurangi segala aktifitas fisik baik dirumah maupun dikantor apabila anda bekerja.
Diet Ibu Hamil boleh dilakukan apabila saat hamil wanita mengalami obesitas yang tentu akan lebih membahayakan kesehatan dirinya dan janin di dalam kandungan.

Ringkasan:

Kesehatan Ibu Hamil harus terjaga, agar kondisi kesehatan dan pertumbuhan janin tetap maksimal,
Gangguan Kesehatan Ibu Hamil bisa disebabkan karena diet yang dilakukan oleh ibu hamil,
Yang termasuk Diet pada Ibu Hamil adalah membatasi jumlah makanan, yang padahal ibu hamil harusnya menambal porsi dan menu makanan.

- Semoga Bermanfaat - 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Diet Saat Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel