Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan -, Terkecuali jadi sirup, air perasan jeruk nipis yang berasa asam jadi kombinasi masakan atau minuman lain, seperti jamu. Pasalnya jeruk nipis tidak cuma dapat jadi minuman yang beri kesegaran, tetapi juga memiliki kandungan manfaat obat. …. 

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle) adalah tumbuhan perdu dengan adanya banyak cabang. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan serta kebun. 


Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan


Tingginya dapat meraih enam mtr.. Daunnya berupa bulat telur serta setiap daun bertangkai daun. Bunganya berupa bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras, serta umumnya berbuah sesudah 2, 5 th.. Buahnya berupa bulat dengan permukaan yang licin, berkulit tidak tebal, serta berwarna hijau kekuningan bila telah tua. Tanaman ini disangka datang dari daerah India samping utara. 

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan


Buahnya memiliki kandungan banyak air serta vitamin C yang cukup tinggi. Daun, buah, serta bunganya memiliki kandungan minyak terbang. Umumnya jeruk nipis tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah yang banyak terserang cahaya matahari. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nnildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 serta C. 

Rasa jeruk nipis yang asam dapat menolong bersihkan nikotin yang ada pada gigi serta mulut orang yang sukai merokok. Dari kandungan beragam minyak serta zat di dalamnya, jeruk nipis digunakan untuk menangani disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, nada serak, batuk, bau tubuh, menaikkan nafsu makan, menghindar rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlampau gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing merasa sakit), mimisan, serta radang hidung. 

Dari sebagian riset paling akhir tunjukkan, jeruk nipis juga memiliki faedah menghindar kekambuhan batu ginjal, terutama batu ginjal kalsium idiopatik. Menurut laporan itu, konsumsi jeruk nipis dapat menghindar munculnya batu ginjal. Hal semacam ini disadari oleh Kepala Instalasi Renal RS Dr Sardjito, Yogyakarta, Prof DR Mochammad Sja’bani. 

Pada riset itu di ketahui bahwa jeruk nipis memiliki kandungan sitrat yang tinggi, sesaat banyak pasien batu ginjal mempunyai kandungan sitrat yang rendah. Ia menyampaikan kandungan sitrat jeruk nipis lokal (Citrus aurantifolia Swingle yang bulat) 10 kali semakin besar di banding kandungan sitrat pada jeruk keprok, atau enam kali jeruk manis. Kandungan sitratnya meraih 55, 6 gr per kg. 

Biasanya asam sitrat di air kemih pada pasien batu ginjal terendah saat malam serta awal hari. Jadi pemberian jeruk nipis semakin bagus dikonsumsi sebentar setelah makan malam. Perasan jeruk nipis yang dikonsumsi setelah makan malam itu dilaporkan tidak menyebabkan keluhan lambung. Air perasan dua buah jeruk nipis itu diencerkan dalam dua gelas air. 

Meminum kombinasi jeruk ini dapat turunkan serta menghindar kekambuhan batu ginjal kalsium idiopatik. Pencegahan penyakit ini butuh karena type ini diketemukan pada seputar 80 % pasien batu ginjal. Tetapi, usaha pencegahan serta penyembuhan penyakit ini dikerjakan lewat cara membatasi mengkonsumsi garam atau makanan asin, berikan input kalsium yang cukup, serta konsumsi protein rendah fosfat.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel